Perbedaan Kucing British Shorthair Pedigree dan Non Pedigree

Kucing ras termasuk kucing British Shorthair dibedakan menjadi kucing pedigree dan non pedigree. Pedigree secara bahasa artinya silsilah, kucing pedigree artinya kucing yang mempunyai sertifikat silsilah yang menjelaskan tentang data ibu bapaknya sampai ke kakek dan buyut kucing tersebut. Dalam sertifikat tersebut juga disebutkan jenis kucing, tanggal kelahiran, pola warna, nama breeder,nama pemilik, serta data-data lainnya.

Pedigree dikeluarkan oleh asosiasi atau organisasi penyayang dan pembiak kucing baik tingkat Nasional maupun Internasional. Organisasi yang mengeluarkan pedigree secara profesional bertanggung jawab terhadap isi dari sertifikat yang dikeluarkannya.

Sedangkan kucing Non Pedigree (NonPed) artinya kucing yang tidak memiliki sertifikat keturunan, jadi tidak diketahui / tidak tercatat asal usulnya.

British Shorthair Pedigree

Singkatnya, kucing yang memiliki sertifikat silsilah keturunan disebut kucing pedigree, sedangkan kucing yang tidak memiliki sertifikat silsilah keturunan disebut kucing Non Pedigree. Sertifikat Pedigree dapat juga diibaratkan sebagai akta kelahiran kucing tersebut. Untuk memastikan kucing ras murni (pure breed), maka kucing tersebut harus memiliki sertifikat pedigree yang jelas.

Sebaiknya memilih kucing Pedigree atau Non Pedigree ? hal ini tergantung keinginan dan tujuan adopter dalam mengadopsi kucing. Bila menginginkan kucing yang terjamin kemurniaan rasnya dan tercatat silsilahnya di organisasi, maka pilihlah kucing Pedigree (kucing bersertifikat). Tetapi bila adopter tidak mementingkan kemurnian ras / tidak memerlukan sertifikat silsilah, maka dapat mengadopsi kucing Non Pedigree. Kucing Pedigree mempunyai harga yang lebih mahal dari kucing Non Pedigree, tetapi tentunya ada kepuasaan tersendiri mengadopsi kucing Pedigree karena terjamin kemurnian rasnya. Adopter juga akan mendapatkan sertifikat silsilah, serta dilengkapi microchip sebagai identitas kucing yang diadopsi.